Sikap PKS Mengundang Banyak Komentar

Posted: Maret 24, 2012 in Uncategorized

GambarLiputan6.com, Jakarta: Di antara partai koalisi yang tergabung dalam Sekretariat Gabungan (Setgab), hanya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) saja yang menolak kebijakan pemerintah yang akan menaikkan harga BBM per 1 April 2012 nanti. Sikap PKS yang dinilai tidak sesuai dengan etika berkoalisi itu, mengundang banyak komentar dari berbagai pihak.

Zaenal A Budiyono, Asisten Staf Khusus Presiden Bidang Publikasi, menjelaskan, PKS sering melakukan hal yang bertentangan dengan kebijakan pemerintah. Karena itu Zaenal menilai seharusnya PKS yang notabene masuk sebagai partai koalisi harus patuh terhadap kebijakan pemerintah.

“Dengan begitu dia harus memikirkan apa masih di koalisi atau tidak. Karena dalam sistem demokrasi apapun yang namanya koalisi harus sama dengan pemerintah. Berkoalisi itu ibarat mau kawin,” kata Zaenal pada Liputan6.com, belum lama ini.

“Artinya kalau sekarang dia berbeda soal BBM, seharusnya dia berpikir secara strategis untuk ke depannya, apakah dia mau di dalam atau diluar koalisi, karena itu pilihan yang sangat gentleman,” tambahnya.

Menurut dia, sikap gentlement itu adalah sikap yang mendasar bagi partai-partai yang bergabung dalam koalisi. Namun, menurutnya hingga saat ini PKS belum malakukan sikap yang tegas dalam berkoalisi bersama pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).(IAN)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s