Warga Pati Sudah Akrab dengan Tomcat

Posted: Maret 24, 2012 in Uncategorized

Gambar Sejumlah warga di Dusun Sambiroto, Pati, Jawa Tengah, jadi korban serangan tomcat. Salah satunya Edy Mardiyanto. Ia sudah merasakan panasnya bisa tomcat yang berpindah tempat itu.

Warga di dusun ini sebetulnya sudah akrab dengan tomcat sejak lama. Namun, perpindahan serangga ini dari sawah ke rumah membuat mereka khawatir. Sebagian warga yang terserang bisa tomcat dibawa ke puskesmas, namun jika parah harus dibawa ke rumah sakit.

Sementara itu, puluhan petugas pemadam kebakaran Purwakarta, Jawa Barat, juga merasakan panasnya bisa tomcat. Sudah sepekan ini serangga itu terlihat berkeliaran di dinding kantor mereka terutama pada malam hari.

Petugas pemadam kebakaran sebenarnya sudah menyemprot serangga ini tapi tampaknya belum efektif. Maklum, Kantor Pemadam Kebakaran Purwakarta berdekatan dengan sawah.

Di tempat terpisah Kadis Pertanian Sukoharjo, Jateng, Giyarti, Sabtu (24/3), menjelaskan, meski terasa mengganggu tomcat jangan ditumpas habis. Pihaknya sudah mengingatkan warganya bahwa tomcat itu pada dasarnya merupakan musuh alami hama wereng yang merugikan petani. Dengan demikian apabila tomcat dibasmi maka hama wereng bisa merajalela dan merusak tanaman padi petani.(IAN)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s